$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0$source=random-posts

Anak Pintar Politik Sejak DIni

Banyak di antara kita yang berpikiran bahwa ilmu politik merupakan ilmu yang sarat dengan praktik-praktik "kotor". Hal ini membuat banyak orang tua berpikiran bahwa ilmu politik sangat tidak layak untuk diajarkan kepada anak-anak. Maraknya persaingan antar organisasi politik yang berkembang di negara kita memberikan gambaran yang salah tentang pemahaman ilmu politik, sehingga banyak orang tua berpikiran bahwa politik hanya mengajarkan budaya-budaya negatif seperti korupsi, tindakan curang, serta ketidakjujuran kepada anak.
Padahal, sebagai masyarakat kita tidak pernah lepas dari unsur politik, sehingga penting bagi kita untuk mengenal apa dan bagaimana politik didefinisikan serta dilaksanakan. Politik secara umum merupakan proses pembentukan serta pembagian kekuasaan. Dalam masyarakat wujudnya bisa bermacam-macam seperti pembuatan, pelaksanaan, serta pengawasan keputusan. Dalam suatu negara, politik didefinisikan sebagai seni atau ilmu yang digunakan untuk meraih kekuasaan tertentu baik secara konstitusional maupun nonkonstitusional.
Makna Politik Di Indonesia
Sebagaimana kita tahu, negara indonesia ini bersifat kesukuan, dimana keputusan biasanya didasarkan pada asal-usul, status sosial, dan hal-hal lain yang bersifat individual. Karena itu, ilmu politik cukup penting untuk dimengerti dan dikenalkan sejak usia dini. Hal ini akan mendorong agar anak pintar memahami suatu kekuasaan beserta tanggung jawab apa yang ditimbulkan oleh kekuasaan tersebut. Tentu saja orang tua diwajibkan berperan sebagai pengajar anak agar mengerti peran politiknya dalam praktek kehidupan sehari-hari.
Orang tua bisa mengajarkan ilmu politik melalui hal-hal kecil yang bisa dipahami oleh anak. Orang tua bisa mengajarkan anak untuk menentukan benda atau hal-hal yang menjadi miliknya, serta tanggung jawab apa yang harus dilakukan si anak ketika memiliki benda tersebut. Misalnya, mengajarkan anak untuk mulai memahami jika ia mempunyai hewan peliharaan maka ia bertanggung jawab untuk merawat dan memberi makan hewan peliharaannya tersebut.
Atau dalam contoh lain, jika anak memiliki mainan tertentu, orang tua mulai bisa menanamkan pemahaman kepada anak bahwa menjaga dan membereskan kembali mainan tersebut adalah bagian tanggung jawabnya sebagai pemilik mainan tersebut. Dengan begitu anak secara perlahan akan mulai memahami dan menanamkan sikap tanggung jawab serta mengerti jika setiap pilihan dan haknya selalu diikuti dengan kewajiban tertentu yang harus dilaksanakan.
Pentingnya Mangajarkan Politik
Informasi-informasi awal semacam ini bisa membentuk karakter yang lebih positif ketika anak tumbuh dewasa. Namun banyak orang tua melewatkan fase ini dengan berbagai macam alasan. Bisa jadi karena faktor pendidikan atau pengetahuan orang tua yang tidak cukup untuk menjelaskan hal ini, atau bisa juga karena orang tua masih mempunyai paradiga bahawa dunia politik adalah dunia orang dewasa sehingga anak-anak tidak perlu untuk mengetahuinya.
Tidak banyak orang tua menyadari jika mengajarkan anak dengan pola kekuasaan dan tanggung jawab terhadap tugasnya bisa mendidik anak untuk menjalankan sesuatu sesuai dengan kewajibannya di masa depan. Hal ini jika ditumbuhkembangkan secara intensif jelas bisa mengubah wajah dunia politik yang kotor dan kejam menjadi ilmu politik yang madani. Sudah saatnya para orang tua modern mengetahui jika ilmu politik bisa dan layak untuk mulai ditanamkan sejak dini.
Para orang tua modern yang akan mencetak generasi penerus bangsa sudah seharusnya mulai membedakan setiap unsur politik yang ada, sehingga bisa membawa pengenalan yang baik kepada anak-anaknya secara langsung dan kepada negara dalam cakupan yang lebih luas. Bukankah mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter juga merupakan tugas orang tua?

COMMENTS

Name

Agni Pratistha Arkadewi,1,Agus Harimurti Yudhoyono,1,Ahmad Dhani,7,Ahok,5,Anak-anak,4,Anang Hermansyah,1,Anies Baswedan,1,Annisa Pohan,2,Arab Saudi,1,Ario Kiswinar,1,artikel,6,Ashanty,1,Atiqah Hasiholan,1,Ayu Ting Ting,1,Baby Margaretha,1,Bambang Gentolet,1,Banjir,1,Banjir Jakarta,1,Batman,1,Beauty and The Beast,2,Berita,105,Berita Artis,93,Bigo LIVE,1,Bikini,1,Biskuit,1,Boyolali,1,Bra,2,Buku dan Referensi,5,Bule,1,Bunuh Diri,1,Cinta dan Seks,17,Dan Stevens,1,Dede Sunandar,1,Dewi Persik,1,Diet,4,Diskon dan Promo,3,Disneyland,1,Djarot,1,Dokter Kandungan,3,Donald Trump,1,Dubai,1,Elma Theana,2,Es Krim,1,Facebook,1,Farhat Abbas,1,Fashion dan Gaya,18,Femmy Permatasari,1,Feni Rose,3,Film,3,Film Biru,1,Flora dan Fauna,2,FPI,1,Gal Gadot,1,Gallery,1,Gatot Brajamusti,6,Habib Rizieq,1,Hijab,1,Hotel,1,Hotman Paris Hutapea,1,Ikang Fawzi,2,Indah Dewi Pertiwi,1,India,1,Informasi,6,Inul Daratista,3,Iriana Jokowi,1,Isabelinha de Jesus Pinto,1,Isyana Sarasvati,1,Jaket Jokowi,1,Jeje Govinda,1,Jessica Kumala Wongso,4,Julia Perez,9,Kanker Payudara,1,Kanker Serviks,2,Kareena Kapoor,1,Kartu Kredit,1,Kate Middelton,1,Kecantikan dan Kesehatan,40,Kediri,1,Kehamilan,9,Kencan,1,Kesehatan,10,Kesehatan Kaki,1,Kesehatan Kulit,2,Kesehatan Rambut,4,Kim Kardashian,2,Komedo,1,Komik,1,Kroket,1,Kue Mangkuk,1,Lindsay Lohan,1,LivingSocial,1,Luisa Andrea,1,Maia Estianty,4,Majalah Playboy,1,Marah,1,Marcell,1,Maria Ozawa,1,Mario Teguh,3,Marissa Haque,6,Martabak,1,Masturbasi,1,Meggie Diaz,1,Melahirkan,1,Melania Trump,2,Michael Jackson,1,Miss Earth,1,Misteri Kematian Mirna,3,Muhammad Arifin Ilham,1,Mulan Jameela,4,Muncikari Artis,1,Nadine Chandrawinata,2,Narkoba,1,Nia Daniati,1,Nia Ramadhani,1,Nikita Mirzani,11,Nony Krystianti Andilah,1,Noor Tagouri,1,North East Skinny Dip,1,Osteoporosis,1,Payudara,2,Pendidikan Anak,3,Perceraian,1,Pernikahan,2,Persalinan,1,Perut,1,Petamburan,1,Pia Wurtzbach,1,Pramugari,1,Preity Zinta,1,Prostitusi Artis,2,Pussy Bow Blouse,1,Putri Aisyah Aminah,1,Raffi Ahmad,1,Raline Shah,1,Rani Mukherji,1,Rendang,1,Resep dan Kuliner,17,Reza Artamevia,6,Rhenald Kasali,1,Rhoma Irama,2,Ridho Rhoma,5,Robby Abbas,2,Roy Marten,1,Ruben Onsu,1,Rumah Sakit,1,Rumah Tangga,25,Sandiaga Uno,1,Sandra Dewi,1,Sandy Shandoro,1,Seks,2,Senam Kegel,1,Sewa Rahim,1,Shahnaz Haque,1,Shahnaz Sadiqah,1,Single Parent,1,Skip Challenge,1,Sophia Latjuba,1,Soraya Haque,1,Superman,1,Supreet Kaur,1,Susi Pudjiastuti,1,Syahrini,4,Sylviana Murni,1,Sys NS,1,Tas,1,Tas Branded,1,Thailand,1,The Boss Baby,1,Tips,1,Titi Rajo Bintang,1,Transgender,1,Travel,8,Tukul Arwana,1,Tyas Mirasih,1,Uban,2,Udumbara,2,Ustad Al Habsyi,2,Vicky Prasetyo,1,Vidya Balan,1,Wanita Karir,2,Warnet,1,Wayan Mirna Salihin,3,Wonder Woman,2,Zara Zettira,1,Zaskia Gotik,1,Zodiak,1,
ltr
item
TABLOID WANITA: Anak Pintar Politik Sejak DIni
Anak Pintar Politik Sejak DIni
https://3.bp.blogspot.com/-xTK0C_OCbJM/Wj6_PdeVR8I/AAAAAAAAGrs/FfYyKCWVYeslgJgsb9Ry_G0LYJffa651wCPcBGAYYCw/s1600/anak%2Bpintar.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-xTK0C_OCbJM/Wj6_PdeVR8I/AAAAAAAAGrs/FfYyKCWVYeslgJgsb9Ry_G0LYJffa651wCPcBGAYYCw/s72-c/anak%2Bpintar.jpg
TABLOID WANITA
http://www.tabloidwanita.com/2017/12/anak-pintar-politik-sejak-dini.html
http://www.tabloidwanita.com/
http://www.tabloidwanita.com/
http://www.tabloidwanita.com/2017/12/anak-pintar-politik-sejak-dini.html
true
1643712535427385436
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy