$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0$source=random-posts

BPOM Bentuk Deputi Bidang Penindakan Demi Tingkatkan Pengawasan Peredaran Obat dan Makanan


Menindaklanjuti Instruksi Presiden nomor 3 tahun 2017 tetang Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan, BPOM mendirikan Deputi Bidang Penindakan demi mewujudkan pengawasan yang lebih ketat terhadap obat dan makanan. Meskipun begitu, BPOM masih membutuhkan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat. Kepala BPOM, Penny Lukito menyatakan jika pengawasan obat dan makanan tidak bisa jika hanya dibebankan kepada BPOM.
Menurutnya, untuk menghindari kecolongan terhadap beredarnya produk-produk obat dan makanan yang berbahaya, BPOM masih membuthkan dukungan serta kerja sama dari berbagai instansi dan elemen masyarakat. Sebab pelanggaran hukum terkait dengan obat dan makanan merupakan salah satu bentuk kejahatan kemanusiaan.
Kasus Penyalahgunaan Obat
Pihak BPOM juga menyatakan jika saat ini penyalahgunaan obat adalah kasus yang paling sering ditemui, terutama penggunaan obat keras secara ilegal. Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak penggunaan obat keras ilegal berkaitan erat dengan penggunaan narkoba yang membayangi generasi penerus bangsa seperti paracetamol, cafein, dan carisprodol (PCC).
Selain itu, obat-obatan berbahaya dan zat kimia yang terkandung dalam kosmetik pun menjadi salah satu sektor yang mendapat perhatian khusus dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Seiring dengan merebaknya produk kecantikan yang menjanjikan kulit cerah dan bersih dalam waktu yang singkat, BPOM juga mengingatkan pengguna untuk berhati-hati dalam memilih produk kosmetik yang akan digunakan. BPOM juga merilis kandungan-kandungan yang aman dan tidak aman untuk digunakan dalam produk kosmetik, sehingga konsumen bisa lebih cermat sebelum membeli produk. Produk kecantikan yang aman untuk konsumen adalah yang mengandung manfaat silver ion serta tidak memiliki kandungan mercury.
Presiden Joko Widodo menyatakan jika Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2017 tentang Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan ini dikeluarkan sebagai bukti keseriusan pemerintah untuk melindungi konsumen dari penyalahgunaan obat dan makanan. Instruksi ini tidak hanya ditujukan kepada BPOM, tetapi juga untuk kementerian terkait seperti Menteri Kesehatan, Menteri Perindustrian, Menteri Perdaganan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Meneteri Pertanian, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Gubernur, Bupati dan Walikota, serta seluruh wakil rakyat Indonesia.
Hal ini dilakukan agar masing-masing instansi dapat merumuskan dan melaksanakan langkah-langkah tertentu sesuai dengan tugas, fungsi dan kewangannya masing-masing kaitannya untuk meningkatkan efektivitas dan menguatkan pengawasan obat dan makanan untuk masyarakat.
Sebelumnya, tim gabungan yang berasal dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Kepolisian Daerah Jawa Timur sudah menggerebek 3 gudang jamu dan obat ilegal yang diduga menggunakan zat kimia berbahaya pada pertengahan tahun 2017 yang lalu. Ketiga gudang ini berada di Kabupaten Jember. Hasil temuan tersebut kemudian dikembangkan untuk menelusuri tempat-tempat lain seperti gudang penyimpanan ribuan kemasan jamu dan obat kuat. Produk-produk ini bahkan belum memiliki izin edar, sehingga diduga kuat mengandung zat kimia yang berbahaya untuk tubuh.
Setelah temuan tersebut, BPOM mulai meningkatkan pengawasan dan terus menelusuri pabrik-pabrik pembuatan obat dan jamu tradisional, dan menemukan puluhan dari merk obat dan jamu tradisional belum memiliki izin edar. Hal ini membuat presiden Jokowi yang ditemudi di acara Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat mnuturkan harapannya agar aparat yang berwenang bisa bertindak tegas. Jokwi juga berharap kasus yang menimpa beberapa anak yang mengkonsumsi PCC di Kendari, Sulawesi Tenggara, tidak terulang lagi di Indonesia. Menurutnya, kasus penyalahgunaan obat ilegal tidak bisa dipandang sebelah mata.

COMMENTS

Name

Agni Pratistha Arkadewi,1,Agus Harimurti Yudhoyono,1,Ahmad Dhani,7,Ahok,5,Anak-anak,4,Anang Hermansyah,1,Anies Baswedan,1,Annisa Pohan,2,Arab Saudi,1,Ario Kiswinar,1,artikel,2,Ashanty,1,Atiqah Hasiholan,1,Ayu Ting Ting,1,Baby Margaretha,1,Bambang Gentolet,1,Banjir,1,Banjir Jakarta,1,Batman,1,Beauty and The Beast,2,Berita,105,Berita Artis,93,Bigo LIVE,1,Bikini,1,Biskuit,1,Boyolali,1,Bra,2,Buku dan Referensi,5,Bule,1,Bunuh Diri,1,Cinta dan Seks,17,Dan Stevens,1,Dede Sunandar,1,Dewi Persik,1,Diet,4,Diskon dan Promo,3,Disneyland,1,Djarot,1,Dokter Kandungan,3,Donald Trump,1,Dubai,1,Elma Theana,2,Es Krim,1,Facebook,1,Farhat Abbas,1,Fashion dan Gaya,18,Femmy Permatasari,1,Feni Rose,3,Film,3,Film Biru,1,Flora dan Fauna,2,FPI,1,Gal Gadot,1,Gallery,1,Gatot Brajamusti,6,Habib Rizieq,1,Hijab,1,Hotel,1,Hotman Paris Hutapea,1,Ikang Fawzi,2,Indah Dewi Pertiwi,1,India,1,Informasi,6,Inul Daratista,3,Iriana Jokowi,1,Isabelinha de Jesus Pinto,1,Isyana Sarasvati,1,Jaket Jokowi,1,Jeje Govinda,1,Jessica Kumala Wongso,4,Julia Perez,9,Kanker Payudara,1,Kanker Serviks,2,Kareena Kapoor,1,Kartu Kredit,1,Kate Middelton,1,Kecantikan dan Kesehatan,39,Kediri,1,Kehamilan,9,Kencan,1,Kesehatan,6,Kesehatan Kaki,1,Kesehatan Kulit,2,Kesehatan Rambut,4,Kim Kardashian,2,Komedo,1,Komik,1,Kroket,1,Kue Mangkuk,1,Lindsay Lohan,1,LivingSocial,1,Luisa Andrea,1,Maia Estianty,4,Majalah Playboy,1,Marah,1,Marcell,1,Maria Ozawa,1,Mario Teguh,3,Marissa Haque,6,Martabak,1,Masturbasi,1,Meggie Diaz,1,Melahirkan,1,Melania Trump,2,Michael Jackson,1,Miss Earth,1,Misteri Kematian Mirna,3,Muhammad Arifin Ilham,1,Mulan Jameela,4,Muncikari Artis,1,Nadine Chandrawinata,2,Narkoba,1,Nia Daniati,1,Nia Ramadhani,1,Nikita Mirzani,11,Nony Krystianti Andilah,1,Noor Tagouri,1,North East Skinny Dip,1,Osteoporosis,1,Payudara,2,Pendidikan Anak,3,Perceraian,1,Pernikahan,2,Persalinan,1,Perut,1,Petamburan,1,Pia Wurtzbach,1,Pramugari,1,Preity Zinta,1,Prostitusi Artis,2,Pussy Bow Blouse,1,Putri Aisyah Aminah,1,Raffi Ahmad,1,Raline Shah,1,Rani Mukherji,1,Rendang,1,Resep dan Kuliner,17,Reza Artamevia,6,Rhenald Kasali,1,Rhoma Irama,2,Ridho Rhoma,5,Robby Abbas,2,Roy Marten,1,Ruben Onsu,1,Rumah Sakit,1,Rumah Tangga,25,Sandiaga Uno,1,Sandra Dewi,1,Sandy Shandoro,1,Seks,2,Senam Kegel,1,Sewa Rahim,1,Shahnaz Haque,1,Shahnaz Sadiqah,1,Single Parent,1,Skip Challenge,1,Sophia Latjuba,1,Soraya Haque,1,Superman,1,Supreet Kaur,1,Susi Pudjiastuti,1,Syahrini,4,Sylviana Murni,1,Sys NS,1,Tas,1,Tas Branded,1,Thailand,1,The Boss Baby,1,Tips,1,Titi Rajo Bintang,1,Transgender,1,Travel,8,Tukul Arwana,1,Tyas Mirasih,1,Uban,2,Udumbara,2,Ustad Al Habsyi,2,Vicky Prasetyo,1,Vidya Balan,1,Wanita Karir,2,Warnet,1,Wayan Mirna Salihin,3,Wonder Woman,2,Zara Zettira,1,Zaskia Gotik,1,Zodiak,1,
ltr
item
TABLOID WANITA: BPOM Bentuk Deputi Bidang Penindakan Demi Tingkatkan Pengawasan Peredaran Obat dan Makanan
BPOM Bentuk Deputi Bidang Penindakan Demi Tingkatkan Pengawasan Peredaran Obat dan Makanan
https://1.bp.blogspot.com/-dkvArIAZzo4/Wj6rHm-XGpI/AAAAAAAAGrE/bbvxFVvEJwkRXCKpM2atobevwlzQOOmTACLcBGAs/s320/BPOM.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-dkvArIAZzo4/Wj6rHm-XGpI/AAAAAAAAGrE/bbvxFVvEJwkRXCKpM2atobevwlzQOOmTACLcBGAs/s72-c/BPOM.jpg
TABLOID WANITA
http://www.tabloidwanita.com/2017/12/bpom-bentuk-deputi-bidang-penindakan.html
http://www.tabloidwanita.com/
http://www.tabloidwanita.com/
http://www.tabloidwanita.com/2017/12/bpom-bentuk-deputi-bidang-penindakan.html
true
1643712535427385436
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy